Kamis, 02 Maret 2017

Tantangan 10 Hari Apresiasi Kemandirian 8

Taman Cimanggu Pagi, 3 Maret 2017

Hari kemarin adalah hari pertama one week one skill yang ke-2 dalam tantangan 10 hari apresiasi kemandirian faruq di kelas bunda sayang yaitu belajar makan sendiri.

Saya menyadari bahwa sejak bayi faruq paling susah makan, jadi bisa dikatakan ini adalah tantangan tersulit menurut saya dibanding toilet training. Yang faruq suka hanyalah susu, karena itu PR saya juga untuk mengurangi asupan susunya dengan air putih.

Dulu faruq itu hanya suka susu dia bahkan tidak mau minum air putih sedikitpun, dia rela tidak minum apa-apa bila yang diberi air putih. Tantrumnya selalu muncul bila keinginan minum susunya tak dipenuhi. Alhamdulillah sekarang dia sudah bisa berubah dia mau minum banyak air putih juga mau jus buah tapi tergantung moodnya. Sekarang intensitas minum susunya sudah bisa saya kurangi.

Pembelajaran makan sendiri kemarin memang cukup sulit saya beri wejangan kata-kata motivasi terlebih dulu untuk mau makan sendiri tentunya dia tolak dengan segera berlari menghindar. Saya tau tak bisa memaksa kepada faruq.

Saya lakukan setahap demi setahap butuh ketelatenan dan kesabaran. Pertama saya suapkan dulu ke faruq agar dia merasakan dulu rasa makanannya. Kemudian saya sendokkan makanannya ke sendok tapi kali ini biar faruq yang pegang sendiri sendoknya dan memasukkan ke mulutnya sendiri. Terus begitu sambil diberi kata-kata pujian dan motivasi setiap kali dia mau memasukkan sendok ke mulutnya.

Faruq memang anak yang aktif, namun dia tak suka makan banyak. Beberapa suap dia coba makan sendiri tapi setelah itu tampakknya dia merasa kenyang dan enggan menghabiskan makanannya, kalau sudah begini harus tunggu moodnya bagus lagi baru dicoba lagi.

Sambil menunggu mood faruq saya biarkan dia bermain dengan mainan kesukaannya, menonton tv setelah itu baru coba lagi sampai tak terasa makanan habis.



#Level2
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian
#Hari8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar